SEJARAH SEPATU PUMA

Puma merupakan salah satu merk sepatu yang sudah terkenal di seluruh dunia. Awal mula cerita sepatu yang satu ini dimulai pada tahun 1924 dimana Rudolph Dassler, seorang pendiri awal sepatu ini. Awalnya Rudolph ini memiliki bisnis bersama sang kakanya yaitu Adolf Dassler. Pada waktu itu mereka menjalankan usaha bisnisnya dengan memproduksi sepatu olahraga dan produknya pun sempat berkembang sangat pesat karena pada saat itu sedang ada olimpiade yang membuat para atletnya menggunkan sepatu mereka.

Hingga sampai tahun 1948, muncul perselisihan antara dua bersaudara itu hingga keluar yang membuat perusahaan menjadi terbelah. Sehingga membuat sang kaka, Adi, membuat perusahaan sendiri yaitu Adidas dengan mengambil “Adi” dari nama panggilannya dan “Das” berasal dari nama Dassler, sedangkan Rudolf Dassler pun membuat perusahaan sendiri yang bernaa Puma Schuhfabrik Rudolf Dassler (Puma).

Pada tahun-tahun awal, Puma merupakan brand pertama yang sudah memperkenalkan inovasi pada sepatu seperti sol yang di vulkanisir untuk sepatu sepak bola. Ada juga sol yang ditujukan unuk meningkatkan gerak pada sepatu lari, serta sepatu atletik dengan tali Velcro.

Beberapa tahun setalah membuat perusahaannya sendiri, Puma meluncurkan sepatu olahraga pertama dengan nama “Atom” dimana sepatu ini membuat para pemain sepak bola di Jerman banyak memakai produknya. Hingga pada akhirnya keluarlah sepatu “Super Atoms” pada tahun 1952 yang membuat kesuksesan Rudolf pada produksi sepatu bola.

Di tahun 1974, kepemimpinan Rudolf harus berhenti dan di gantikan oleh anaknya, Armin, yang langsung diangkat menjadi CEO, sementara perusahaan Puma go public ketika tahun 1986.

Selain koleksi sepatunya, Puma pun mengeluarkan beberapa fashion lain seperti aksesoris dan pakaian. Mereka pun telah melakukan beberapa kolaborasi dengan desainer ternamaa seperti Alexander McQuenn dan Hussein Chalayan. Puma ini pernah mengendorse pertama kali kepada manusia tercepat di planet yaotu Usain Bolt. Dan Puma juga sampai saat ini sudah menjadi salah satu Branding dengan image technologically advance running sneaker.

Selain itu, Puma juga sudah menjadi sponsor beberapa pemain sepak bula dunia terkenal seperti Johan Cruijff, Enzo Francescoli, Kenny Dalglish, Didier Deschamps, Diego Maradona dan beberapa pemain lainnya. Puma juga sudah terkenal dengan sepatu basket yang dibuat dengan kulit dan diperkenalkan pada tahun 1968.

Setiap tahunnya, Puma akan terus berkembang dengan beberapa koleksi yang mereka buat dan tetap merilis ulang type-type klasiknya. Puma juga akan terus membuat berbagai inovasi yang sesuai dengan kenyaman dan kebutuhan para konsumennya.

Walaupun beberapa kali puma mengalami masalah dengan saudaranya (pemilik Adidas), namun Puma tetap bisa mempertahankan eksistensinya hingga bisa memproduksi berbagai macam perlengkapan olahragga. Puma juga telah memperkerjakan lebih dari 9.000 karyawan dan telah mendistribusikan produkdnya di berbagai negara di dunia. Mereka pun telah menjalin kerja sama dengan Ducati, BMW dan Ferari untuk mejadi sponsor dan juga beberapa olahraga lainnya.

Puma juga sempat memproduksi beberapa perlengkapan olahraga yang dirancang oleh designer terkenal dunia seperti Lamine Kouyate dan Amy Garbers. Mereka pun selalu menerapkan nilai-nilai fundamental yang baik bagi setiap produk yang diciptakannya. Nah logo dari brand ini sendiri merupakan gambar puma atau singa gunung yang sedang melompat.

Nah itu dia sejarah brand Puma yang sering kita lihat, walaupun kehadiran brand ini muncul ketika hadirnya brand Adidas. Tapi dengan begitu mereka memiliki citra produknya masing-masing, sampai-sampai kedua bersaudara itu tidak saling sapa menyapa loh. Memang yag kalau sudah bisnis itu ga mandang siapa orangnya. Semoga kedua brand tersebut tetap berada di market leader ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *